Pages

Wednesday, March 26, 2014

Kamus Hewans (Rangkuman Hewan)


Adaptasi :

Adaptasi adalah suatu sifat tumbuhan atau hewan dalam menyesuaikan diri agar dapat hidup dilingkungan sekitarnya. Bulu tebal,telinga kecil dan berekor pendek ciri mamalia dari kutub utara atau hewan yang beradaptasi.

Ampibi :

Ampibi adalah Vertebrata berdarah dingin mempunyai empat rangkaian perkembangan, berkulit lembut dan basah. berfungsi melindungi telur-telurnya dengan membuat nyanyian didalam air, ketika Larva masih muda mereka menghabiskan waktunya didalam air. Selebum meningkat dewasa dan hidup didaratan,kodok,katak,salamander dan kadal air termasuk dalam hewan ampibi.
katak

Amuba:

Amuba adalah hewan bersel satu, dan dapat merubah bentuk. mereka berkembang biak dengan cara membelah diri menjadi dua.

Arthropoda :

Arthropoda adalah Phylum terbesar dari seluruh hewan bersel banyak. Phtlum ini termasuk dalam kelas invertebrata bertulang kaki dan rangka luar. semua serangga dan laba-laba adalah arthropoda begitu juga Udang, kepiting, dan udang karang.
udang

Arachnid:

Kelas arthropoda diantaranya laba-laba,kelajengking, kutu dan rayap , mempunyai empat pasang kaki
rayap

Berudu :

Berudu adalah hewan ampibi bentuknya mirip dengan ikan dari kodok atau katak. tidak memiliki kaki dan paru-paru, berudu dapat berengang dalam air dan bernafas dengan menggunakan insang. perkembangan selanjutnya akan terdapat kaki dan paru-paru, kemudian berudu melepaskan ekor dan insangnya untuk hidup didaratan.
berudu

Binatang Malam :

binatang malam adalah hewan yang giat bekerja pada malam hari dan beristirahat pada siang harinya. Burung hantu dan kelalawar adalah hewan malam, dan juga ngengat.
kelalawar

Burung :

Burung adalah Vertebrata bersayap dan berdarah panas dengan warna yang indah, tulang dan dua buah lengan sebagai sayap. sebagian besar burung dapat terbang tetapi beberapa jenis tidak dapat terbang, seperti penguin dan burung onta.
burung

Burung Bangkai :

burung bangkai adalah burung pemakan hewan mati, tumbuhan yang telah mati atau sisa-sisa hewan lahinya. burung bangkai dapat membantu usaha membersihkan lingkungan hidup dari kotoran. burung hering (Vulture) adalah hewan pemakan bangkai memegang pernba dan bermanfaat didaerah tropis.

burung bangkai

Cacing Gelang :

cacing gelang merupakan kelompok terbesar dari jenis cacing sederhana yang tidak memiliki tanda gelang ditubuhnya. sebagian besar berupa parasit dan hidup disisi hewan lain.

Ekologi :

ekologi adalah ilmu yang mempelajari semua kehidupan tumbuhan dan hewan dalam lingkungan serta hubungan di antara keduanya.

Famili (keluarga) :

Order-order hewan dibagi lagi menjadi kelompok kecil disebut famili (keluarga).Contoh kucing, merupakan satu famili ke dalam hewan pemakan daging.

Genus :

Kelompok lagi ke dalam kelompok genus. keluarga kucing contohnya, terbagi dalam beberapa genus, tetapi semua kucing domestik termasuk dalam genus felis, mempunyai ciri yang sama.

Habitat :

Habitat Adalah Tempat Tinggla makhluk Hidup dan Saling melakukan Hubungan dengan lingkungan  alamnya.

Herbivora :

Herbivora dalah Hewan pemakan Tumbuhan. sapi , jerapah, domba adalah hewan Herbivora.

sapi

Hewan Berdarah Panas:

adalah Hewan yang dapat mengatur suhu tubuhnya, sehingga tidak akan kepanasan jika keadaan disekelilingnya panas dan tidak akan merasa kedinginan jika di sekitarnya bersuhu dingin.

Hewan Berkulit Keras (Crustacean) :

Kelas Arthropoda yangberkulit keras. contohnya adalah hewan air seperti kepiting, udang karang , udang dan kutu air.
udang

Hibernasi (Tidur dimusim dingin) :

Waktu Hewan-hewan pada musim dingin melakukan tidur panjang . pada waktu hewan tidur di musim dingin temperatur tubuhnya perlahan-lahan turun akibat terjadi perubhana kimia sehingga hewan dapat tidur dan memberhentikan segala aktivitasnya.

Invertebrata :

adalah Hewan tanpa Susunan tulang belakang. contoh hewan : tiram , siput, serangga , Laba-laba , cacing ,Dll.
serangga

Kadal :

adalah Reptil berbadan panjang,kecil,kulitnya Bersisik, mempunyai Ekor dan biasanya mempunyai empat hingga lima jari.
kadal

Karnivora :

adalah hewan pemakan daging seperti anjing,singa,macan dll.

singa

Larva :

Tingkatan Hewan melalui dua periode yaitu Telur dan dewasa. Larva berbeda dengan dewasa. seperti berudu yang berasal dari katak atau ulat dari kupu-kupu.

Mamalia :

Vertebrata berdarah panas memiliki rambut/bulu dan perkembangan otak yang lebih baik. Anak-anak hewan mamalia ketika baru lahir diberikan makanan berupa susu berasal dari induknya. ukuran hewan mamalia beraneka ragam,mulai dari tikus kecil sampai ikan paus berbadan raksasa.

orang utan

Marsupial :

Mamalia seperti kangguru dan kuala ketika lahir belum berkembang secara baik. mereka menghabiskan masa kecilnya didalam kantong induknya. Marsupial hanya terdapat di Australia, tetapi opossum(sejenis tupai) terdapat di Amerika Utara dari Selatan
Kangguru

Menjangan :

adalah Hewan mamalia pengunyah Keras. Di antaranya eland, springbox dan hartebeeste dan GNU kebanyakan jenis ini didapati di Afrika.

Hartebeeste

Metamorfosis :

adalah Perubahan secara keseluruhan yang dimulai antara tingkatan/fase larva kemudian menjadi dewasa, seperti pada berudu hingga menjadi katak atau ulat hingga menjadi kupu-kupu.
metamorfosis kupu-kupu

Mimicry :

Dikelompokkan ke dalam kelompok hewan tidak berbahaya namaun sebaiknya bentuk serta warnanya mengandung racun dan berbahaya. Hal ini tidak disukai predator karena akan membuat mereka bingung sehingga Predator membatalkan Serangannya.

Mollusca :

Invertebrata Berbadan Lunak, rata-rata Mollusca berkulit keras. seperti siput, tiram , dan Guurita.

Gurita

Monotreme :

Mamalia Primitif Tidak melahirkan anak-anaknya untuk hidup tetapi mengurai Telurnya. Platypus Duck-billed dan dua Jenis Echidna (spiny anteater) adalah hewan Monotreme.

Mutualisma :

adalah Suatu Hubungan antara dua makhluk yang berlainan jenis dan memperoleh keuntungan kedua-duanya. Mutualisma adalah Kata Lain dari Symbosis.

Simbosis Mutualisme

Nematoda:

Hidupnya sebagai parasit pada tumbuhan atau hewan lain tetapi kehidupan nematoda adalah Kehidupan bebas. Jumlahnya Berjuta-juta didalam tanah. Contohnya Cacing belut, Cacing Gelang , Cacing Pita ,Dll.

Parasit :

adalah makhluk penumpang pada atau dalam tubuh makhluk lain. Parasit mendapat makanan dari Tumbuhan yang ditumpanginya tetapi sebaliknya tidak memberikan apa- apa kepada tumbuhan tersebut. Parasit Sebetulnya tidak benahaya tetapi keberadaannya mengganggu tumbuhan itu. parasit tidak perlu membunuh tempat tumpangannya tetapi parasit mengumpulkan makanan dan meninggalkan tempatnya.

Plasenta Mamalia :

Dimiliki oleh sebagian besar mamalia.Tempat seorang bayi berkembang dengan baik di dalam tubuh induknya sebelum mereka lahir. induknya member makan anaknya pada suatu kantong yang di sebut plasenta
Kangguru

Predator (pemangsa) :

adalah hewan yang hidupnya memangsa hewan lain. Beberapa burung memangsa ular, ikan hiu menjadi pemangsa terhadap ikan jenis lainnya.
ular cobra

Primata (hewan menyusui tingkat pertama) :

Jenis mamalia ini antara lain kera dan siamang serta makhluk menyusui lainnya. mereka memeliki otak besar, mata yang awas juga kuku untuk mencakar,jari tangan,ibu jari dan jari kaki ang digunakan untuk menggenggam sesuatu.
orang utan

Protozoa :

adalah organisme bersel dan berinti satu. termasuk dalam dunia Protista.

Reptil :

Adalah kelompok hewan Vertebrata berdarah dingin, kulit keras, licin, dan bersisik. Kulit tersebut digunakan untuk melindungi diri sekaligus mengerami telurnya.seperti: Kura-kura, punyu, ular, kadal , dan buaya. Diantara mereka kebanyakan hidup di daratan, tetapi buaya,kura-kura dan ular air dapathidup di dalam air.

Buaya

Rodent (hewan pengerat) :

Adalah mamalia penggerogot seperti Tikus besar, tikus kecil, berang-berang dan bajing. hewan pemahat ini memeliki pahat di muka giginya yang dapat tumbuh terus menerus sehingga mereka tidak perlu menggantinya.

Sarang :

Adalah rumah tempat tinggal hewan untuk membesarkan anak-anaknya. Mereka menganyam,mendirikan dan menggali.satu hal penting, mereka membangun rumah dengan menggunakan nalurinya. hewan dapat melakukan hal itu meskipun tidak melihat bentuk rumah hewan lainnya.

Serangga :

Kelas tebesar dari Arthropoda. dengan tiga pasang kaki dan tiga bagian tubuh (kepala,bagian dada,bagian perut) Kebanyakan dari hewan tersebut memiliki sayap. contohnya lebah,kupu-kupu,earwing,dan fleas.

Serangga Masyarakat :

Adalah Serangga yang hidupnyaberkelompok, setiap individu melakukan pekerjaan berbeda dalammembantu membuattempat tinggal. Lebah madu contohnya. Ratu hanya mengerami telur. Lebah pekerja mempunyai banyak sekali pekerjaan, mengumpulkan makanan, memberi makan Larva, mengatursirkulai udara. hewan masyarakat lainnya adalah Tawon penyengat, Semut< dan Rayap.

Simbosis :

"Hidup bersama" Biasanya digunakan untuk membedakan kerja sama natar dua makhluk hidup untuk mendapatkan keuntungan satu dengan yang lainnya.

Spesies :

Setiap genius hewan terdiri dari satu atau lebih spesies. contohnya genus equus adalah genus kuda,terdiri dari tiga spesies Zebra dan dua lagi Kumpulanliar. enam spesies ini memunyai susunan dasar tubuh yang sama ,tetapi bila diselidiki secara lebih mendalam jenis ini sangatlah berbeda. hanya hewan jantan dan betina dalam satu jenis yang dapat memberikan keturunan.

Teritorial (Wilayah) :

Adalah Daerah khusus dimana hewan dapat membuattempat tinggalnya dan menyiapkan segala kemungkinan menghadapi segala kemungkinan menghadapi gangguan dari hewan sejenis di wilayahnya. sebagai contoh, seekor anjing akan menyalakjika mencium bau anjing lain yang lewat dipintu pagarnya, tatapi membiarkan seekor landak yang lewat di depan matanya. seekor burung penyanyi mungkin akan mengejar burung penyanyi lain yang lewat disekitar sarangnya ke daerah luas, tetapi membiarkan atau tidak menghiraukan burung pipit yang ada di sekitar sarangnya.

Ular :

Badannya panjang, reptil dengan bentuk tubuh silinder atau lingkaran dengan kulit bersisik serta selalu berganti dari waktu ke waktu. Ular dapat memangsa burung layang-layang yang ukurannya lebih besar dari kepala ular itu sendiri. peristiwa ini dinamakan "Pemelaran" rahangnya. beberapa jenis ular memiliki racun tersembunyi di dalam kelenjar ludah. Gigitan beberapa jenis ular dapat membunuh manusia dengan singkat.

Ular Cobra

Ungulate (hewan pemamah Baik) :

Adalah hewan berkuku pemakan tumuhan (herbivora). Kuda,onta dan sapi adalah hewan pemamah baik berkuku.
Sapi

Vertebrata :

Adalah hewan bertulang belakang dan bertulang tengkorak.Ikan, ampibi, reptil, burung dan mamalia adalah hewan vertebrata.

Zooplankton :

Semua hewan kecil. Larva, dan telur yang berkembang di permukaan dana atau laut.

Zooplankton





No comments:

Post a Comment

Translate